Selasa, 05 Juni 2012

Puskesmas (part 2)

Akhirnya berhasil mengumpulkan niat untuk nulis part 2 nya hihihi..

Ga kerasa, ini udah minggu ke 9 sejak penugasan. Banyak pengalaman seru, mulai dari nyobain jadi apoteker - nyiapin resep, bikin-bungkus puyer, mengedukasi pasien tentang cara pemakaian obat, well sampe numpahin obat (doh! -..-), masang KB implan, nyoba Doppler buat ngukur DJJ (kan saya ga punya adek ya otomatis katro masalah alat-alat yang rada canggih di kebidanan haha, bahkan pasiennya senyam senyum ngeliat muka saya yang amazed make alat yang bisa ngukur DJJ dengan cuma ditempelin ke perut hee *maluuu), ngelipetin kasa trus disterilin (seru banget lah ini para calon dokter - Amiiin, ga ada pasien malah lomba cepet-cepetan ngelipatin kasa hahaha). Ah iyaaa, dan saya mulai berani nyoba make bahasa jawa, literally bahasa jawa, yaa cuma sepatah dua kata sih, ga yang lancar macam mereka, huasssiiik! hahahahahaha semacam ngetawain diri sendiri gitu di dalam hati, yaa, pelan-pelan nanti bisa, masa kalah sama papa haha..

Beranjak ke kasus..

  1. Ibu T, 65 tahun, datang ke balai pemeriksaan setelah dirawat 1 malam. Datang dengan keluhan perdarahan pervagina selama 1 bulan terakhir disertai penurunan berat badan cukup drastis dalam 2 bulan terakhir. Sudah dilakukan pemeriksaan lab CBC, diketahui Hb 8,2. Kemudian dilakukan eksplorasi dengan spekulum, terlihat adanya perdarahan dari cervix yang tidak dapat dihentikan dengan penekanan manual memakai kasa. Ada sedikit massa terlihat di cervix, diduga massa yang menjadi sumber perdarahan ada di bagian dalam yang tidak dapat terlihat. OS kemudian dirujuk ke RSUD untuk dilakukan papsmear dan ekplorasi lanjutan dengan dugaan ca cervix.
  2. Ibu Y, 26 tahun, datang dengan keluhan pusing dan diare sejak 1 hari yang lalu. BAB cair tidak berlendir maupun berdarah. Badan terasa dingin. TD 100/70 mmHg. Hasil pemeriksaan ditemukan peningkatan motilitas usus. Dx: Gastroenteritis. Tx: Metronidazole 250mg, Paracetamol 500mg, Ekstrak Belladona, dan suplemen zink.
  3. Anak R, 5 tahun, dibawa orang tuanya karena sering batuk pada malam hari. Tidak ada demam. Saat datang anak sedang tidak batuk maupun sesak. BB 25kg. Pemeriksaan thorax tidak ditemukan wheezing. Tidak ditemukan tanda radang. Dx: Asthma. Tx: suplemen makanan dan pulv: ambroxol, CTM, Prednison, Vit C 50mg.
3 dulu aja ya, ada beberapa kasus yang masih bingung, takut salah tulis hehe :D

0 komentar:

Posting Komentar