Jumat, 19 April 2013

Bertualang ke Negeri Orang (part.2)

13 Maret 2013
Destinasi : (akhirnya) Paris
Taking the earliest train from Leiden, jam 6 pagi (disana jam 6 tuh masih gelap gulita haha), kami berangkat ke Rotterdam, untuk selanjutnya naik kereta high speed ke Paris. Dini hari sih Ova dan Sandeep udah nyaranin untuk ga kesana karena masih gambling banget untuk bisa pulangnya, tapi bukan bertualang namanya kalo ga berani ambil resiko haha. Alasan simpel lainnya adalah karena gamau rugi bayar reservasi tiket hahaha..
Ketika melewati Brussel, waaah.. putih semua.. salju lumayan tebal, sisa badai kemarin sepertinya. Lalu terdengar dari speaker di dalam kereta, permintaan maaf karena kereta harus lebih lambat dari biasanya karena masalah cuaca, well secara logika ya bener sih rel pasti jadi licin banget. What impressed me is, they apologize for that, bahkan mereka bilang keretanya akan melaju dengan kecepatan 176km/jam, biasanya lebih dari 300km/jam (keren ya, tapi jalannya bener2 smooth lho, ga kaya di Indonesia hihi)
Finally, PARIS! Tapi lupakan imajinasi matahari bersinar cerah, langit biru dan awan berarak, yang ada malah suhu minus, langit mendung, tanpa matahari terlihat. Ah yang penting nyampe Paris haha. Awkward moment pertama karena kami gatau sistem transportasi disini. Bingung juga nyari tourism information, yang ada malah hampir jadi korban pencopet >.< Alhamdulillah ditolong mas-mas Nigeria yang tau lalu ngusirin mereka. Akhirnya nemu tourism information, "we want to go to Eiffel tower, how do we get there?" eeh ibuk e jutek, cuma ngasi peta trus "take number 5" hzzz another bad impression about Paris. Lah ya justru mau naik subway itu gimana, gerbangnya dimana, beli tiketnya dimana, itu yang mau ditanyain. Yaudahlah, jadinya ngikut orang deh sampe nemu pintunya, trus nemu loket tiket. Dengan modal baca petunjuk dan peta, akhirnya mulai paham sistemnya.
Setelah keluar dari bawah tanah, barulah berkomentar "ooo gini kotanya Paris.." sayang cuacanya ga bagus.. dan karena waktunya super singkat, jadilah cuma sempet ke Eiffel dan Louvre, padahal masih banyak yang pengen diexplore..





sekitar jam 4 sore, kami pun menuju stasiun, niatnya ngecek dulu tiket pulang yang available yang jam berapa.. But, mereka beneran ga nyediain reservasi kecuali pindahan dari kemarin, jadi kami harus gambling nanyain ke petugas kereta yang akan berangkat ada nggaknya seat kosong. Man, mulai khawatir lah ini. Berhubung belum makan siang, kami pun beli sandwich. Awalnya aku beli sandwich ayam, eeh tengah-tengah baru diingetin kalo ayam pun motongnya ga halal, well sebagai muslim emang dilarang.. Dan aku baru nyadar, trus bingung deh sampe nangis, bingung gimana harus handle makanan, soalnya aku dari kecil ga bisa makan telur dan produk susu dalam jumlah banyak (bahkan susu cuma bisa minum sekitar 100ml per hari, kalo ga mau muntah-muntah ataupun diare haha padahal susu kan enak -..-) sementara daging-dagingan ga bisa juga karena ga halal. Miris. Akhirnya selama disana aku jadi semi vegetarian, telur dibatesin sebutir per hari, dan susu diganti yoghurt, biar lebih dikit minumnya. (Sisi baiknya adalah, selama disana 2 minggu, berat badan turun 3 kilo! yeaah! tapi tetep sehat lho, seru kaan hihihi)
Balik lagi tentang kereta, opsi yang tersisa adalah kereta highspeed ke Brussel trus nyambung kereta biasa, atau yang langsung ke Amsterdam nanti stop di Leiden. Tapi kata mbak petugasnya, yang langsung ke amsterdam kemungkinan besar full kalo ngeliat dari pindahan tiket kemarin. Jadilah kami naik kereta ke Brussel, yang Alhamdulillah ada seat kosong, cuma bayar seharga reservasi (which is 1/5 ticket price! Oh I love you, EurailPass! :D)

Destinasi: Brussel
Kami dapet tempat duduk yang hadap-hadapan sama sepasang muda mudi dimabuk asmara. Mungkin emang disana ga ada larangan untuk kissing di tempat umum, BUT if you sit in front of a couple who kiss passionately every 15 minutes for 2 hours, trust me, you will surely want to yell "GET A ROOM!" hrrr annoying bro liatnya! Tu sepasang beneran makan-ngobrol-ciuman-makan-ngobrol-ciuman, dst.. Mau pindah yo ga ada seat kosong lagi huhu..
Menjelang sampe Brussel, suasana kembali suram, hujan salju, lumayan deres, sementara timbunan salju udah tebel banget di kanan kiri jalan. Ehm, agaknya mengkhawatirkan ni.. Kereta yang akan kami naiki berikutnya dijadwalkan tiba sekitar 1,5 jam lagi. Lumayan lah ada waktu buat makan. Udara di luar ruang tunggu stasiun dinginnya udah ga paham lagi, pertama kalinya ngerasa menggigil sampe gemeteran sebadan >.<
Sekitar 5 menit sebelum kereta tiba, terdengar pengumuman yang bikin suram "Announcement for platform 18. Due to the bad weather, the train that go to Amsterdam at 20.15 is cancelled. Sorry for the inconvenience, and thank you." PANIK! Langsung buru-buru nyari pusat informasi... TUTUP! Tapi utungnya nemu satu lagi yang buka sampe jam 21.00.. damn, europe is really straight about time. Akhirnya dikasi alternatif kereta tapi nyambung berkali-kali untuk sampe ke Leiden, wes biarlah, ga lucu kan kalo nginep di Brussel yang bener-bener out of plan, tanpa bawa persiapan buat nginep haha.

Destinasi: Leiden
Mata udah ngantuk banget, capek seharian jalan dan olahraga jantung gara-gara petualangan chaos sehari, mau tidur di kereta juga takut bablas, mau kontak ova-sandeep pun gabisa karena ga nemu wifi..
Akhirnya sekitar jam 12 malam baru sampe Leiden. berhubung ini nginepnya di hotel yang disediain panitia conference, aku dan Irham beda hotel. Luckily, ova belum tidur. Lawak banget lah ternyata dia juga punya cerita seru dan chaos tentang Paris hihi.. Ngantuk seketika ilang, gara-gara ngerumpi, sampe tiba-tiba ada yang ngetuk pintu kamar.. "Aku dikunciin orang hotelnya, udah ketok-ketok ga ada yang keluar resepsionisnya.. Sandeep gabisa dihubungin.." Yap, itu Irham. Dan ya emang gabisa dihubungin si Sandeep nya, apa boleh buat, kebetulan kamarku bednya 3, hoki banget si Irham, dia nebeng tidur di kamarku dan Ova. Tapiiii aku jadinya tidur full kit, dengan jilbab, baju + celana lengan panjang, dan tidur berusaha ga lasak, biar jilbabnya stay di kepala -_____-
What a day..

Belum selesaaaai ceritanyaaaa hehe, tunggu part.3 nya yaa :D

0 komentar:

Posting Komentar