Senin, 29 Agustus 2011

Allah memang tahu yang terbaik buat hamba-Nya

*tok tok, tok tok* Tanda sms di hp berbunyi. Terbaca di kotak kecil bahwa bagian awal sms tersebut berbunyi "Innalillahi wa innailaihi rajiun.." Entah kenapa, gw punya firasat buruk. Ternyata benar, salah seorang guru terbaik gw, Pak Zul, meninggal dunia. Seketika gw gabisa nahan air mata. Sedih, jelas, tapi di hati kecil gw, ada ucapan Alhamdulillah karena berarti penderitaan beliau dan keluarga beliau berakhir. Gw dan keluarga besar MAN Insan Cendekia Serpong pasti tahu apa yang beliau hadapi selama ini sejak tumor itu menggrogoti otak beliau, dan kami yakin semua itu memang sangat tidak mudah untuk dihadapi, tapi beliau, Pak Zul, dengan penuh semangat tetap menjalaninya.

Ketika orang-orang mulai pesimis dengan target pilihan kuliah gw, beliau mungkin orang pertama selain Arif, sahabat masa SMA gw, yang tahu gimana galaunya gw, dan beliau juga yang berhasil meyakinkan gw untuk terus maju. "Kenapa hanya akan menjadi orang yang kalah kalau kamu lebih percaya orang lain mengerti sebatas mana kemampuan kamu, dibandingkan kamu sendiri. Bapak aja percaya sama kamu, masa kamu nggak?"

Ketika hamba harap-harap cemas sedikit down karena merasa tidak cukup baik dlm mengerjakan tes PBS, beliau lagi-lagi nyemangatin "macam mana lah ini, ga mental anak Medan lah ini namanya, gitu aja kok pesimis, kan udah tinggal nunggu hasil, sana berdoa"

Ketika nilai UAN matematik gw jauh dari kata memuaskan, jelas gw ngerasa ga enak sama beliau, tapi beliau hanya berguyon, "wadoooh Rizky....kamu tuh..hahahaha ini soalnya lagi ngambek sama kamu ya?haha..untung kamu masuk FK.."

Dan masih banyak lagi hal yang begitu berkesan dari beliau. Entah dari kapan tumor tersebut mulai menggerogotinya, tapi gw inget banget di akhir kelas 3 beliau pernah bercerita pada saya tentang nyeri kepala yang begitu mengganggu dan semakin lama semakin sering kambuh.. Kabar berikutnya yang gw dengar semuanya hanya membuat semakin sedih, mulai dari kemampuan kognitif beliau menurun, diikuti diagnosis tumor, operasi pengangkatan tumor, kekambuhan, pemasangan alat bantu pernafasan dan NGT..

Alhamdulillah keluarga besar IC begitu mensupport beliau, mulai dari pengumpulan dana sampai mencarikan dokter yang terbaik, bahkan saat ini gw yakin banyak sekali yang datang untuk takziah. Sejak awal diagnosis, dan diketahui jenis tumor yang menyerang, gw memang tidak terlalu berharap banyak untuk beliau pulih seperti semula, ditambah cerita papa dalam menangani pasien serupa, bagaimana perjalanan penyakitnya, dan prognosisnya.. Tapi beliau saja tetap optimis, masa kami tidak?

Ya, optimis, hal tersebut yang selalu ditanamkan beliau pada murid-muridnya.

Selamat jalan, Pak Zul. Anda orang baik, sangat baik, semoga Allah mengampuni dosa bapak, dan menempatkan bapak di tempat terbaik di sisi-Nya. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar